Kamus Besar / Istilah Android

Bagi Androiders yang sudah berpengalaman ngoprek android mungkin artikel ini membosankan. tapi kalau buat Androiders yang masih pemula, Kamus Istilah Android mungkin sangat penting sekali buat acuan untuk mengoprek android.

Berikut  Kamus Istilah Android yang saya rangkum dari beberapa sumber: 

A

ADB: Android Debug Bridge --> Alat yang digunakan untuk mengirimkan perintah ke Android, Berjalan pada Command Prompt (Windows) atau Terminal (Linux/Mac)
AMOLED: Active Matrix Organic Light Emitting Diode. Jenis layar pada Smartphone/Tablet Android yang menampilkan gambar lebih cerah dan terang.
Android: Sistem Operasi Open Source buatan Google yang diciptakan untuk Smartphone atau Tablet
Android Market: Tempat dimana seluruh aplikasi Android dapat dilihat dan didownload, sekarang berganti nama menjadi Google Play Store
.apk: File ekstensi untuk Aplikasi Android
Apps: Singkatan/Kependekan dari Applications
AOSP Android Open Source Project) : Kode yang diberikan google untuk rilis yang berbeda. 
Kamus Istilah bahasa android
B

Beta: versi percobaan
Bootloader: Komponen yang mengawali proses booting, pada umumnya dikunci oleh produsen untuk mencegah perubahan pada OS. 
Boot Loop: Kondisi dimana Device/Handheld/Android anda terjebak didalam booting dan tidak bisa masuk OS. Biasanya terjadi karena kesalahan dalam flashing atau adanya file system yang tidak berjalan baik. 
Brick: Kondisi dimana Device sudah di recover lagi. Sehingga bisa dianggap seperti batu bata(brick) yang dapat digunakan untuk melempar anjing atau ganjal pintu. 
BSOD: Blue Screen Of Death
C


CIF : Common Intermediate Format 
Clockwork: Pengembang dari aplikasi ClockworkMod, aplikasi ini berfungsi untuk memasang Mode Recovery pada Android
Cupcake: Nama dari versi OS Android 1.5.
Costum ROM: modifikasi dari ROM untuk menggantikan ROM asli dari Android
CPU: Central Processor Unit.  
D


Dalvik Cache: Cache yang berfungsi untuk mengoptimalkan seluruh file apk (aplikasi) pada Android.
Deodex: Proses pengepakan kembali APK dengan ODEX dengan cara tertentu.
Donut: Versi Android 1.6 
E


Eclair: Nama dari veri OS Android 2.0-2.1
Ext : Format partisi pada linux seperti halnya seperti layaknya Fat32 dan NTFS pada windows. 
F


Factory restore/reset: Opsi untuk mengembalikan setelan Android ke setelan awal/setelan pabrik.
Fastboot: Mode pada Bootloader yang mengijinkan kamu untuk melakukan Flash Manual kedalam Android
FC: Kependekan dari “Force Close” istilah keren Indonesianya adalah “nge-hang”
Flash : artinya hampir sama dengan install tetapi sebenarnya beda arti.Proses Flash akan mentransfer data ROM, kernel, recovery ke internal Rom di android.
Froyo: Nama dari versi OS Android 2.2.
Framework: Tampilan-tampilan dasar pada Firmware, seperti signal bar, battery bar, dan notification bar. 
G


Geotagging: Metode tag/pencatatan lokasi
Gingerbread: Nama dari versi OS Android 2.3.
Gmail: Fasilitas Email gratis yang diberikan Google
Google: Hampir mirip Mbah Dukun
Google Now: Aplikasi asisten yang dapat membantumu untuk memberikan banyak informasi yang berada di sekitar kamu seperti lokasi, cuaca, jadwal film bahkan jadwal kencanmu.
Google Wallet: Fasilitas Google yang berfungsi untuk mengkoneksikan Kartu Kreditmu sehingga kamu dapat dengan mudah berbelanja di Play Store atau belanja online lainnya
Gorilla Glass: Jenis kaca pada beberapa smartphone atau tablet android yang memiliki keistimewaan anti gores, anti panas, dan tidak mudah retak.. kaya hatiku..
GPS: Singkatan dari Global Positioning System atau kalo istilah Indonesianya menjadi Guwe Pasti Sampai. Yap GPS adalah alat yang dapat menditeksi dimana posisi kamu berada.
GPU: Graphic Processor Unit. 
GUI : Graphical User Interface
H


Hack (Hacking): Kegiatan memodifikasi/mengubah/menyesuaikan system dalam Android supaya sesuai dengan keinginan kita
Handheld: Sebuah peralatan bergerak, juga dikenal sebagai telepon genggam, peralatan genggam, komputer genggam adalah alat komputer seukuran kantong yang memiliki layar tampilan dengan sentuhan atau papan ketik mini.
Hard reset: Opsi untuk membuat Device Android kembali ke pengaturan awal/pabrik dengan memformat setelan serta seluruh isi dari Internal dan Eksternal Memori (SD Card)
Honeycomb: Nama dari versi Sistem Operasi Android 3.0. Versi ini ditujukan khusus untuk Android tablet.
I


Ice Cream Sandwich: Nama dari versi Sistem Operasi Android 4.0.
IMEI: Kependekan dari International Mobile Equipment Identity. Adalah nomer seri yang dimiliki setiap device handphoe/tablet.
IPS: Dalam pendidikan Sekolah Dasar IPS berarti Ilmu Pengetahuan Sosial, namun di istilah Android IPS ini Kependekan dari “in-plane switching.” yaitu teknologi layar terbaru yang lebih canggih dari LCD. IPS Screen ini anu.. bagus deh..
J


Jelly Bean: Nama dari versi OS Android 4.1-4.2.
JIT (Just In Time): dalam android JIT semacam tweaking agar android bisa bekerja secara maksimal. 
K


Kernel: Adalah semacam pondasi untuk berdirinya sistem Linux.. Kernel ini digunakan pada Android karena OS Android ini berbasis Linux.. iya kan?
Keyboard: Alat musik wajib dalam suatu konser Dangdut Koplo, tapi di Android Keyboard adalah papan huruf untuk mengetik.. saya rasa semua udah tau.
Key Lime Pie: Versi OS Android yang belum dirilis
L


Launcher: Aplikasi yang berfungsi untuk menata tampilan/display dari susunan aplikasi-aplikasi yang terpasang di Android. Launcher inilah yang menjadi Android kelihatan keren.
Linux: Sistem Operasi Open Source yang menjadi dasar pengembangan OS Android.
Live wallpapers: Wallpaper yang dapat bergerak-gerak.
LTE: Kependekan dari “Long-Term Evolution.” Adalah teknologi komunikasi mobile yang levelnya diatas 4G. Di Indonesia baru sampai 3,5G kalo ndak salah,
M


MTP: Kependekan dari Media Transfer Protocol. Di desain oleh Microsoft yang berfungsi untuk melakukan file transfer yang lebih mudah dimana Android tidak perlu melakukan mouting pada Memori Eksternal sehingga memori Android jadi lebih aman. MTP ini menjadi fitur transfer file default untuk Android dengan OS Jelly Bean ke atas.
Nexus: Codename atau Nama smartphone/tablet yang murni dikeluarkan Google meskipun Smartphone/tablet tersebut dibuat oleh perusahaan lain.
O


OEM: Kependekan dari Original Equipment Manufacturer. Istilahnya Sparepart Asli, bukan imitasi atau palsu.. kaya perhatianmu ke aku.
Open Source: Software atau perangkat lunak yang Software which is liberally licensed to grant the right of users to study, change, and improve its design through the availability of its source code.
OTA: Kependekan dari “Over The Air” atau melewati udara. Adalah nama proses downloading atau updating aplikasi/sistem aplikasi pada Android secara online melalui koneksi internet. Dengan sistem OTA ini ngga perlu lagi nyolikin kabel ke PC buat instal atau update apps di Android.
P


PIN: Kependekan dari “Personal Identification Number” Adalah kode keamanan berupa angka.
Q


QR code: adalah kode berbentuk titik hitam putih yang random, namun gambar yang totol-totol ini jangan disepelein lho, karena kalo di baca pake android bisa berisi link ke alamat web atau bisa juga untuk menjalankan aplikasi yang ada di Android.
R


Reset (hard, soft): Adalah pengaturan ulang sistem seting pada Android supaya kembali pada pengaturan awal.
ROM: Kependekan dari Read Only Memory. Di Android terdapat juga istilah Costum ROM yang berarti ROM yang berisi Sistem Operasi yang telah di kostum sesuai dengan setelan yang diinginkan.
Recovery Mode: Mode operasi terpisah yang dapat kamu jalankan sebelum memasuki Sistem OS Android. Recovery mode ini bertujuan sebagai device administrator yang berfungsi salah satunya untuk mengganti ROM pada Android.
Root: Metode untuk membuka kunci pada operasi sistem Android supaya user menjadi superuser. Dengan menjadi superuser kamu dapat melakukan modifikasi lebih dalam pada sistem android.
S


SDK: Kependekan dari Software Development Kit. Adalah alat untuk membuat software atau aplikasi untuk para developer apps di Android.
Back to top
T



Tegra : Hardware Prosesor keluaran NVIDIA, untuk saat ini Tegra menjadi prosesor paling joss se jagat device Android yang ada di pasaran pada tahun 2013