Selasa, 07 Maret 2017

Cara Instal Custom Rom di Handphone Android

Bagi pemula yang tertarik untuk mencoba menginstall Custom rom (Rom yang sudah dimodifikasi oleh developer pihak ketiga) berikut akan saya jelaskan cara yang umum dipakai dalam menginstall Custom Rom.
Tapi ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan sebelum anda memulai menginstall custom rom :
  • Custom Rom adalah buatan developers pihak ketiga (bukan pengembang resmi), jadi kita harus benar2 memperhatikan kualitas custom rom tersebut. Perhatikan komentar2 rekan-rekan yang pernah mencoba Custom rom tersebut, perhatikan kelebihan dan kekurangannya. Karena sesempurna apapun Rom, pasti ada bugs (kekurangannya). Bahkan Stock rom sekalipun.
  • Tidak semua Custom rom cara menginstallnya sama, disini saya hanya memakai cara yang umum dipakai saja walaupun kebanyakan caranya menggunakan seperti cara dibawah.
  • Pastikan Custom rom yang anda siapkan benar-benar untuk perangkat yang akan anda install.
  • BACKUP!!! BACKUP!!! BACKUP!!! ini point yang sangat harus diperhatikan... karena jika ada kegagalan dalam menginstal rom, bisa direstore ( dikembalikan) ke kondisi terakhir saat dibackup. Caranya :
    • Masuk menu CWM recovery
    • Pilih Backup dan restore
    • Pilih Backup, dan tunggu sampai prosesnya selesai

CWM
Cara menginstall Custom rom biasanya menggunakan CWM (Clock Work Mod) recovery / TWRP (Team Win Recovery Project), keduanya sama-sama recovery buatan yang biasa digunakan untuk modifikasi perangkat android. Untuk cara menginstall Recovery CWM dan TWRP berbeda tiap tipe perangkat Android, silahkan cari sesuai tipe handphone yang anda miliki.
Berikut cara menginstal Custom Rom dengan menggunakan CWM:
  1. Ketika Handheld dalam kondisi mati, masuk ke Recovery mode (tentunya yang sudah dipasang CWM, jangan Recovery bawaan) Cara masuk menu CWM pun berbeda-beda tiap tipe Handphone, tergantung developer yang membuat CWM tersebut. Ada yang dengan menekan tombol back terus menerus, ada yang dengan menekan tombol power atas / bawah sambil menekan power dan ada juga yang cukup dengan cara menyentuh layar.
TWRP
  1. Setelah masuk ke recovery mode, pilih wipe data / factory reset.
  1. Pilih wipe cache partition
  1. Pilih advance kemudian wipe dalvik cache
  1. Kemudian kembali ke menu sebelumnya dengan menekan tombol back, kemudian pilih install zip from sd card
  1. Cari file Custom rom yang sudah disiapkan di SD card
  1. pilih yes, kemudian tunggu progress penginstallan sampai statusnya complete.
  1. Reboot Perangkat Android anda, Maka Android anda pun sudah berganti Operasi system menjadi yang sudah dimodifikasi oleh developer pihak ketiga.
Booting pertama mungkin akan memakan waktu yang agak lama, tapi jika terlalu lama mungkin anda mengalami bootloop.hal ini bisa  diakibatkan oleh Custom rom yang tidak cocok ataupun Custom rom yang bukan untuk perangkat tersebut.
Jika terlanjur seperti itu, anda ga usah khawatir karena masih bisa diperbaiki dengan cara merestore ke kondisi ketika dibackup (Itulah gunanya Backup).
Untuk cara merestore, caranya hampir sama dengan waktu kita membackup :
  1. Masuk menu CWM recovery
  1. Pilih menu Backup dan restore
  1. Pilih restore
  1. Cari file hasil backupan, biasanya ada di folder Clockworkmod
  1. Tunggu hingga proses restore selesai
  1. Reboot perangkat anda.