Header Ads

Header ADS

Pakar Telematika Indonesia

Apa itu Pakar Telematika? Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) "Pakar" adalah (orang) ahli; spesialis sedangkan kata "Telamatika" belum ada di dalam KBBI. menurut website Wikipedia, Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika. Dijelaskan juga dalam website wikipedia bahwa telematika dikenal juga sebagai ICT (Information and Communications Technology) yaitu merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi. Dari penjelasan tersebut, saya menyimpulkan bahwa "Pakar Telematika adalah seseorang yang ahli di bidang  Teknologi Komunikasi dan Informatika".
Ada banyak sekali pakar IT dan telematika di Indonesia. Berikut ini beberapa pakar IT dan Telematika Indonesia:
1. Prof. Dr. I Wayan Simri Wicaksana, S.Si, M.Eng
iwayanBeliau adalah orang Indonesia pertama yang meraih gelar Doktor di bidang Teknologi Informasi (TI). Disertasinya berjudul "Peer to Peer (P2P) Based Semantic Agreement Approach for Spatial Information Interoperability". Banyak paper tentang IT yang telah dibuatnya (dapat dilihat di google scholar). Beliau merupakan dosen tetap sekaligus guru besar TI di Universitas Gunadarma. Lebih lanjut tentang beliau dapat dilihat di personal webnya  iwayan.info.
2. Ir. Onno Widodo Purbo, M.Eng., PhD
kang onnoOnno Widodo Purbo (lahir di Bandung, Jawa Barat, 17 Agustus 1962) yang sering dipanggil Kang Onno adalah seorang pakar di bidang teknologi informasi yang sangat terkenal di Indonesia. Puluhan buku dan publikasi internasional pun sudah banyak dibuatnya. Sederet penghargaan diraihnya semenjak  lulus dari Jurusan Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung hingga sekarang. Beliau sangat kritis tentang kemajuan open source di indonesia. Beberapa distro linux yang pernah dikembangkan diantaranya Distro SchoolOnffLine, Distro SMEOnffLine, Distro ORARINux, Distro SekolahNux, Distro IPTEKNux, Distro indowebster. Ia juga aktif menulis dalam bidang teknologi informasi media, seminar, konferensi nasional maupun internasional. Percaya filosofi copyleft, banyak tulisannya dipublikasi secara gratis di internet.
3. I Made Wiryana
pak madeI Made Wiryana yang lebih dikenal dengan sebutan "Pak Made" oleh mahasiswa didiknya di Universitas Gunadarma ini adalah salah seorang yang sudah banyak makan asam garam di dunia IT. Beliau yang juga merupakan tokoh penting Linux indonesia ini merupakan salah seorang founder dari Indonesian Linux Motivator Foundation. Selain kegiatan sehari-harinya sebagai dosen, beliau juga beberapa kali diamanatkan sebagai penanggung jawab sekaligus penelola beberapa website milik pemerintah seperti presidenri.go.idkemenpora.go.id, dan lain-lain.
4. Romi Satrio Wahono
romisatriawahonoRomi Satria Wahono. Lahir di Madiun, 2 Oktober 1974. Menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah di SD Negeri Sompok 4 dan SMP Negeri 8 Semarang. Menamatkan SMA di SMA Taruna Nusantara, Magelang pada tahun 1993. Menempuh pendidikan S1, S2, dan S3 (on-leave) di Department of Computer Science di Saitama University, Jepang pada tahun 1999, 2001, dan 2004. Mantan PNS dan peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Cisco certified instructor lulusan Nanyang Technological University (NTU), Singapore. Kompetensi inti pada bidang Software Engineering, Game Technology, eLearning System, Network Engineering, dan Knowledge Management. Professional member dari asosiasi ilmiah ACM (MN: 6680333) dan IEEE Computer Society.
5. Ruby Alamsyah
ruby alamsyahRuby Alamsyah menjadi narasumber utama di berbagai media massa nasional terkait kejahatan pembobolan rekening nasabah sejumlah bank melalui ATM. Ruby yang sempat dihadirkan sebagai saksi ahli di persidangan Antasari Azhar bahkan sempat mempraktekkan cara para pelaku menguras isi ATM dengan teknologi skimmer. Pria kelahiran Padang tahun 1974 ini adalah seorang ahli digital forensik. Selain itu Ruby juga sering menjadi saksi ahli di persidangan dan juga sebagai pelatih sekuriti TI. Saat ini Ruby salah satu orang Indonesia yang bersertifikasi forensik digital internasional.
6. Bernaridho hutabarat
bernaridho hutabarat15 tahun pengalaman di bidang TI. dengan berbagai peran mulai dari Project Manager, DBA, Presales, dll. Telah menerbitkan 12 buku (1 Pemrograman , 1 Database, 6 Oracle , 4 SQL Server). Telah menulis beberapa Blueprints mulai dari Database Integration, Business Intelligence, DRC / BCP, IP Telephony, dan Enterprise-lebar SPOC Helpdesk. membuat bahasa pemrograman Nusa. sebuah bahasa pemrograman asli karya anak bangsa. Nusa jauh lebih mudah digunakan daripada C, C#, C++, Java, (Visual) BASIC, dan Delphi / Pascal.
Memperoleh Bachelor in Informatics (Software Engineering) dari Institut Teknologi Bandung, dan Telecom magister dari Universitas Coventry (Inggris Raya).
Memperoleh derajat tertinggi dari Ujian Oracle DBA, di Atlanta, Georgia (2001), menerima Excellent Achievement Award dari CICC Tokyo Jepang, dan Best Essay dari Lenovo Singapura (2007).
 7. Roy Suryo
roy sukroBanyak yang tidak setuju kalau Roy Suryo ini adalah pakar telematika. Roy Suryo sering muncul di media massa Indonesia dan disebut - sebut sebagai pakar informatika, multimedia, dan telematika. Kanjeng Raden Mas Tumenggung Roy Suryo Notodiprojo atau disingkat KRMT Roy Suryo Notodiprojo atau lebih dikenal sebagai Roy Suryo (lahir di Yogyakarta, 18 Juli 1968; umur 41 tahun) adalah seorang pengurus Partai Demokrat di bidang Komunikasi dan Informatika. Roy sering menjadi narasumber di berbagai media massa Indonesia untuk bidang teknologi informasi, fotografi, dan multimedia. Roy juga pernah menjadi pembawa acara e-Lifestyle di Metro TV selama lima tahun. Banyak yang meragukan kepakarannya di bidang telematika, bahkah wikipedia pun meragukan kepakarannya (lihat disini)

Referensi:
Gambar tema oleh enot-poloskun. Diberdayakan oleh Blogger.