Senin, 18 Juli 2016

Cara Memperbaiki Flashdisk Minta Format.




Penyebab dari flashdisk minta format sendiri cukup banyak, mulai dari keadaan software yang eror atau rusak, terkena virus, port yang bermasalah, perangkat PC yang bermasalah dan hardware. Ada beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi hal-hal tersebut.
Cara Mengatasi Flashdisk Yang Minta Format
Lakukan Low Level Format

  1. Cara ini dapat dilakukan jika perangkat Anda menggunakan produk Windows 7 atau 8. 2. Langkah untuk memulainya adalah dengan pergi ke bagian “run”, lalu ketikan “compamgmt.msc” (tanpa tanda petik).
  2. Cari huruf flashdisk Anda. Jika ada di “E:” maka pilih yang ada di daftar tersebut. Selain itu, biasanya pada compamgmt sudah ada nama dari flashdisk Anda.
  3. Selanjutnya Anda tinggal mem-format flashdisk dengan file tipe FAT32 hingga selesai.
  4. Lepas dan pasang kembali flashdisk. Jika berhasil, USB drive Anda tidak akan kembali meminta format.
Software recovery
Cara ini menggunakan aplikasi pihak ketiga yang biasanya bernama USB flash drive recovery atau repair flashdisk. Fungsinya hampir sama dengan Low Level Format manual, yaitu mengubah tipe flashdisk menjadi tipe FAT32.
Unduh Repair Flashdisk: http://files.indowebster.com/repair_flashdisk_v2_9_1_3.html
Atau unduh Hard Disk Low Level Format Tool : http://www.sharebeast.com/z3cbmm5obzkk
Gunakan CMD
  1. Seperti cara pertama, Anda harus mengetahui dulu huruf dari flashdisk yang ingin dieksekusi. Misalnya, “flashdisk E:”.
  2. Selanjutnya masuk ke mode “run” lalu ketikan kata “cmd”.
  3. Selanjutnya akan muncul command dengan ciri khas background hitamnya. Anda bisa mengetikan perintah pada kolom tersebut. Dalam masalah ini, ketikan kata “format E:” atau “format [huruf:]”. Tunggu hingga proses selesai.
  4. Selanjutnya lepaskan dan masukan kembali flashdisk Anda ke perangkat komputer.
  5. Jika sudah tidak lagi meminta format, maka Anda berhasil dengan cara ini.
Gunakan CMD (2)
  1. Cara menggunakan CMD untuk mengatasi flashdik minta format kedua ini sama dengan yang pertama. Bedanya, Anda hanya perlu mengganti kode perintah menjadi “CHDSK E:/R” atau “CHDSK [huruf:]/R”.
  2. Tunggu hingga proses selesai, lalu lepas dan masukan kembali flashdisk Anda.
  3. /R adalah perintah format dan repair. Selain itu, Anda bisa mengganti kode tersebut dengan kode “/F” untuk perintah format tanpa repair.